Karakteristik tarian tradisional : PolresBangli

Pengetahuan tentang karakteristik wilayah Jawa Barat untuk lebih mengenal satu sama lain

Tentunya ada ciri-ciri  wilayah Jawa Barat yang perlu Anda ketahui agar dapat mengenal provinsi ini lebih dekat. Seperti yang kita ketahui, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang banyak menarik perhatian dimana ibukota Bandung merupakan destinasi wisata bagi berbagai jenis orang.

Tentu ada hal menarik di provinsi ini yang membuat banyak orang menantikan liburan di tempat itu.  Bagi anda  yang  ingin mengenal tempat ini lebih dekat, anda perlu mengetahui beberapa ciri khas yang dimiliki dimana setiap daerah di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Mengetahui karakteristik tersebut, Anda bisa mengenal area ini lebih dalam. Seiring dengan mengetahui karakteristiknya, Anda dapat mengetahui bahwa semua daerah di Indonesia sangat unik. Berikut beberapa fitur daerah Jawa Barat yang perlu Anda  ketahui di mana membedakan provinsi ini dengan yang lain.

Tentu saja, karakteristik ini tidak hanya diketahui oleh orang luar tetapi juga oleh penduduk asli dari Jawa Barat. Apalagi banyak kabupaten di provinsi ini yang memiliki keunikan tersendiri. Sangat disayangkan bahwa sebagai warga negara Indonesia Anda tidak mengetahui keunikan masing-masing daerah.

Apalagi karakteristik Jawa Barat tidak hanya dari segi budaya, tetapi juga dari segi seni kulinernya. Dengan informasi ini Anda dapat mengetahui bahwa Indonesia sangat kaya akan budaya dan masakan.

Namun yang sangat disayangkan adalah banyak anak muda yang tidak tahu apa-apa tentang Indonesia bahkan tentang daerah tempat mereka tinggal sendirian. Kondisi ini, jika dibiarkan, bisa membuat generasi muda kehilangan kecintaan terhadap negaranya.

Penggunaan bahasa daerah setiap hari

Salah satu ciri khas wilayah Jawa Barat adalah penggunaan bahasa daerahnya dalam kehidupan sehari-hari, karena kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak suku, sehingga terdapat  banyak  bahasa daerah. Tidak heran meskipun satu pulau, ada banyak dan berbeda bahasa daerah.

Untuk Jawa Barat sendiri, ia juga memiliki bahasa daerah yang terpisah, yaitu Sunda. Tentu saja bahasa Sunda memiliki kosakata yang berbeda dengan bahasa lain, sehingga mudah untuk membedakannya. Bahasa ini juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari, selain bahasa Indonesia.

Dengan demikian, penggunaan bahasa ini tidak dibatasi hanya oleh orang Sunda, tetapi digunakan oleh semua orang di Jawa Barat. Karena penggunaan bahasa ini sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, karena bahasa tersebut merupakan salah satu ciri khas wilayah Jawa Barat, ketika anda sedang  ramai dan menggunakan bahasa Sunda, sesama suku pasti akan tahu bahwa  anda berasal dari Jawa Barat hanya dengan berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut.

Jadi tidak heran jika seseorang dari suatu daerah melihat bahasa yang digunakan sehari-hari. Meski banyak masyarakat yang menggunakan bahasa Indonesia saat ini, namun penggunaan bahasa daerah masih terus diterapkan agar tetap eksis dan tidak tergerus seiring berjalannya waktu.

Karena jika seseorang meninggalkan bahasa daerah, sangat disayangkan bagi generasi selanjutnya di mana mereka tidak tahu bahasa asli suku mereka. Padahal, penggunaan bahasa inilah yang membedakan satu suku dengan suku lainnya.

Karakteristik alat musik

Fitur lain dari wilayah Jawa Barat yang bisa Anda  lihat adalah alat musik. Tentunya setiap daerah memiliki alat musik tersendiri yang bisa menjadi identitas daerah tersebut, begitu juga dengan Jawa Barat. Untuk ruang ini, semua orang tahu salah satu alat musiknya yang dapat dikenali, dan itu adalah angklung. Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu.

Bahkan, banyak sekolah, termasuk sekolah dasar di Jawa Barat,  yang harus menyediakan alat musik tradisional ini. Apalagi bermain juga berbeda dengan alat musik modern seperti sekarang, karena hanya gemetar saja yang akan mengeluarkan suara tertentu. Bahkan, karena popularitas instrumen, ia dikenal secara internasional.

Selain anglung, ada alat musik seruling yang masuk dalam ciri khas Jawa Barat. Jika dilihat dari bahannya, hampir sama dengan angklung yang terbuat dari bambu. Namun yang membedakannya bisa dilihat dari bentuknya dimana seruling hanya dibuat dari 1 bambu. Dimana alat musik ini juga memiliki lubang yang nantinya berfungsi untuk mengatur nada.

Tentu saja, jumlah lubang pada instrumen ini juga tergantung di mana disesuaikan berapa banyak lagu yang akan diikuti. Namun, secara umum, hanya ada 4 lubang di seruling. Karena kekhasan instrumen ini, lagu-lagu Sanddan harus diiringi dengan seruling ini. Bahkan, tidak jarang ketika seseorang berada di sawah bersenang-senang maka mereka akan memainkan seruling.

Karakteristik kompartemen makanan

Tidak dapat dipungkiri bahwa karakteristik  Jawa Barat  juga tercermin dalam makanannya, banyak makanan khas yang dimiliki, bahkan ada di luar wilayah Jawa Barat. Kondisi ini menunjukkan bahwa ada banyak orang yang menyukai makanan khas provinsi tersebut. Sebut saja batagor atau siomay yang merupakan salah satu  jajanan  khas Jawa Barat yang mudah ditemukan di area outdoor.

Makanan terdiri dari daging ikan dan dibungkus dengan lumpia kulit dan tahu dan memberikan bumbu kacang. Selain jajanan kaki lima, ada juga jajanan khas seperti blok Menes. Blok Menes sendiri merupakan makanan khas yang terbuat dari singkong dan kelapa parut yang berfungsi sebagai serutan. Camilan inisendiri mengibaratkan dua jenis, yaitu blok mayat dan blok menes.

Selain itu, ada beras oncom yang sangat populer bahkan masuk dalam salah satu ciri khas  Jawa Barat yang berasal dari Tasikmalaya. Nasi oncom adalah nasi yang dicampur dengan oncom yang dipanggang atau digoreng. Selama proses pencampuran, tidak hanya dicampur, tetapi juga menunggu agar oncom dan nasi tercampur merata.

Selain itu, ada jajanan seperti serabi hijau yang merupakan makanan khas Karawang. Tentunya serabi ini berbeda dengan yang lain karena proses produksinya yang hampir mirip namun ada tambahan daun kering untuk membuat warnanya lebih hijau. Tentunya penggunaan daun ini untuk menghindari penggunaan pewarna makanan agar aman saat dikonsumsi.

Karakteristik tarian tradisional

Ciri khas Jawa Barat juga tercermin pada bagian tari tradisional yang jumlahnya banyak. Salah satu tarian tradisional asli daerah Jawa Barat, yaitu Cirebon, adalah tari topeng. Dimana kesenian ini memiliki makna yaitu kisah kawanan sunan gunung ketika ingin menguasai kota Cirebon. Namun saat itu terjadi serangan yang dilakukan oleh seorang pangeran welang sehingga akhirnya terjadi perang.

Penggunaan topeng dalam tarian ini memiliki 13 warna dimana masing-masing jenis memiliki karakteristik yang berbeda dan penggunaan warna. Namun, belakangan ini banyak yang hanya menggunakan warna merah putih, dan penggunaan masker juga telah disesuaikan dengan tema acara yang diadakan. Selain tarian topeng, ada juga tarian merak yang terinspirasi dari burung merak.

Burung merak sendiri merupakan simbol mahkota sehingga penari akan menggunakan mahkota saat beraksi. Tarian ini akan diiringi dengan musik gamelan yang dimainkan oleh tiga orang. Tentu saja, tarian ini sangat populer bahkan di luar negeri. Selain tarian di atas, ada juga tari jaypong yang sudah sangat populer.

Namun, tarian ini menuaikontroversi karena gerakannya yang cukup sensual, namun belakangan ini mulai dijaga kembali. Oleh karena itu, inilah beberapa karakteristik yangingin dicapai oleh provinsi ini.  Saya tidak heran mengetahui  ciri-ciri Jawa Barat  itu bisa membantu melestarikannya agar generasi mendatang tahu tentang adat budaya daerah atau ciri-ciri Jawa Barat tidak hilang zaman.

Read More :

Sumber : https://www.teknohits.com